No image available for this title

Text

Pengaruh Suplementasi DaunKelor (Moringa Oleifera) Terhadap Mutu Organoleptik Dan Kadar Fe Pada Stick Bawang



Nikma Ayuni
Pengaruh Suplementasi DaunKelor (Moringa Oleifera) Terhadap Mutu Organoleptik Dan Kadar Fe Pada Stick Bawang
vi + 43 Halaman, 12 Tabel, 6 Lampiran

ABSTRAK
Stick bawang merupakan makanan ringan atau jenis kue kering yang telah dikenal seluruh masyarakat karena memiliki cita rasa yang gurih dan memiliki daya simpan yang cukup lama.Berdasarkan bahan yang digunakan,stick bawang mengandung Fe dalam jumlah terbatas apabila dijadikan snack untuk remaja. Salah satu sumber Fe adalah daun kelor. Daun kelor merupakan salah satu tanaman yang memiliki kandungan Fe yang tinggi. Untuk meningkatkan nilai gizi maka ditambah daun kelor dengan cara suplementasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu organoleptik(warna, aroma, rasa dantekstur) kadar Fe stick bawang yang telah disuplementasi daun kelor.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu kontrol, tiga perlakuan dan dua kali pengulangan. Pengamatan dilakukan dengan dua cara yaitu subjektif (uji organoleptik) dan objektif (uji kadar Fe).Data dianalisis dengan analisis sidik ragam (ANOVA) dan jika ada perlakuan yang berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji DNMRT pada araf 5%.
Rata-rata daya terima stick bawang daun kelor terhadap rasa, warna, aroma dan tekstur berada pada tingkat suka, Berdasarkan uji sidik ragam tidak adanya perbedaan nyata perlakuan dari segi tekstur dan terdapat perbedaan nyata perlakuan dari segi warna, aroma dan rasa sehingga dilanjutkan dengan uji DNMRT pada taraf 5%.Hasil yang terbaik adalah perlakuan dengan penambahan daun kelor sebanyak 30 gr dengan kadar Fe 22,98 mg/kg.
Disarankan dalam pembuatan stick bawang dengan suplementasi daun kelor menggunakan perlakuan C dengan penambahan daun kelor sebanyak 30 gram karena perlakuan ini paling disukai oleh panelis.
Kata Kunci : Stick bawang, Daun Kelor, Mutu Organoleptik, Fe
DaftarPustaka27 (1970-2018)


Ketersediaan

KTIGZ.1939039 Nik PKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
039 Nik P
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 61 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this