No image available for this title

Text

Mutu Organoleptik Dan Kadar Protein Pada Empek-Empek Ikan Teri Asin



Sisri Wahyuni
Mutu Organoleptik Dan Kadar Protein Pada Empek-Empek Ikan Teri Asin
V + 44 Halaman + 15 tabel + 9 lampiran
ABSTRAK
Menganekaragamkan produk olahan hasil perikanan perlu dikembangkan dan dapat dijadikan alternatif untuk menumbuhkan kebiasaan mengkonsumsi ikan bagi masyarakat Indonesia. Salah satu bentuk dari aneka produk olahan hasil perikanan adalah empek-empek ikan tenggiri, ikan gabus dan ikan kembung, merupakan upaya untuk meningkatkan nilai gizi masyarakat melalui protein ikan. Salah satu bentuk dari aneka produk olahan hasil perikanan adalah empek-empek ikaN, bahan alternatif untuk pembuatan empek-empek adalah ikan teri asin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui mutu organoleptik dan kadar protein empek-empek ikan teri asin

Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan serta 2 kali pengulangan. Penelitian dilakukan pada Agustus 2018 – Juni 2019. Pengamatan dilakukan terhadap mutu organoleptik di Laboratorium ITP Poltekkes Kemenkes Padang. Data dianalisis dengan uji sidik ragam (ANOVA), dan jika ada perlakuan yang berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji Duncan New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%.

Hasil uji organoleptik menunjukkan bahwa dari empat perlakuan empek-empek ikan teri asin rata-rata penerimaan tertinggi untuk uji organoleptik adalah perlakuan D, dimana nilai rata-rata warna (2,94), rasa (3,02), aroma (3,08) dan tekstur (3). Setelah dilakukan uji ANOVA ternyata untuk warna, rasa, aroma dan tekstur tidak terdapat perbedaan nyata dari empek-empek ikan teri asin.

Sebagai alternatif yang dapat meningkatkan nilai ekonomis dan peningkatan alternatif produk olahan pangan untuk pedagang yang berjualan empek-empek dan disarankan untuk peneliti selanjutnya agar melakukan uji mikrobiogi terhadap empek-empek ikan teri asin.

Kata kunci : (Key Word) : Empek-Empek Ikan Teri Asin, Mutu Organoleptik, Kadar Protein,
Daftar Pustaka 23 (1980 - 2017)


Ketersediaan

KTIGZ.1962062 Sis MKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
062 Sis M
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
v, 68 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this