No image available for this title

Text

Hubungan Asupan Serat Dan Vitamin C Terhadap Kadar Kolesterol Total Orang Dewasa Yang Berobat Ke Puskesmas Kuranji Kota Padang Tahun 2019



Sintia Apria Putri
Hubungan Asupan Serat Dan Vitamin C Terhadap Kadar Kolesterol Total Orang Dewasa Yang Berobat Ke Puskesmas Kuranji Kota Padang Tahun 2019
Vii + 68 halaman + 17 tabel + 11 lampiran

ABSTRAK
Tingginya kadar kolesterol dalam darah (hiperkolesterolemia) dapat meningkatkan risiko terkena penyakit degeneratif. Salah satu penyebab hiperkolesterolemia adalah pola konsumsi, seperti rendahnya konsumsi asupan serat dan vitamin C. Data Dinas Kesehatan Kota Padang menunjukkan bahwa jumlah total pasien hiperkolesterolemia di Kota Padang sebanyak 7362 orang dengan prevalensi tertinggi di Kecamatan Kuranji dan terendah di Kecamatan Padang timur.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian adalah orang dewasa yang memeriksakan kadar kolesterol ke Puskesmas Kuranji. Jumlah sampel penelitian sebanyak 51 orang yang diambil secara accidental sampling. Data asupan serat dan vitamin C didapatkan dengan menggunakan recall 2x24 jam sedangkan kadar kolesterol total didapatkan dari hasil pemeriksaan kolesterol responden di laboratorium Puskemas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 42.9% responden dengan kadar kolesterol tinggi memilki asupan serat yang kurang dengan rata-rata asupan serat 7.1 gr/hari. Dan sebanyak 47.6% responden dengan kadar kolesterol tinggi memiliki asupan vitamin C yang kurang (47.6%) dengan rata-rata asupan vitamin C 43.06 mg/hari. Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat hubungan bermakna antara asupan serat dengan kadar kolesterol (p=0.534) sedangkan terdapat hubungan antara asupan vitamin C dan kadar kolesterol (p=0.006).
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan bagi pasien (penderita) agar meningkatkan asupan serat dan vitamin C seperti konsumsi sayur dan buah dan mengurangi konsumsi asupan dengan lemak tinggi. Bagi pihak Puskesmas agar memberikan informasi seperti dengan membuat media poster, leaflet dan memberikan penyuluhan tentang pentingnya konsumsi serat dan vitamin C.

Kata Kunci : Kolesterol total, asupan serat, asupan vitamin C
Daftar Pustaka : 29 (2004-2017)


Ketersediaan

KTIGZ.1960060 Sin HKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
060 Sin H
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vii, 96 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this