No image available for this title

Text

Gambaran Penilaian Pasien tentang Citarasa dan Daya Terima Makanan Lunak pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ibnu Sina Padang Tahun 2019



Intan Novita
Gambaran Penilaian Pasien tentang Citarasa dan Daya Terima Makanan Lunak pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ibnu Sina Padang Tahun 2019

Viii + 53 Halaman + 2 Gambar + 26 Tabel + 12 Lampiran
ABSTRAK
Penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum Banjarbaru tahun 2011, diperoleh 43,7% pasien yang menyisakan makanan lunak dalam kategori banyak. Hal tersebut melebihi standar sisa makanan dari Depkes yaitu ≤20%, dan pada penelitian ini juga diketahui bahwa 65% pasien yang menyatakan kurang puas terhadap citarasa yang disajikan. Sehingga peneliti ingin melihat bagaima citarasa dan daya terima makanan lunak yang disajikan di Rumah Sakit Ibnu Sina Padang tahun 2019.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2018 sampai 6 Januari 2019 di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina Padang. Sasaran penelitian ini adalah seluruh pasien Rawat Inap. Pengumpulan data dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Pengolahan dan analisis data dengan cara mengolah di SPSS menggunakan komputerisasi.

Hasil peneliti menunjukkan daya terima makan sebagian besar banyakyang daya terimanya kurang pada bagian sayur. Dan untuk citara sebagian besar pasien yang tidak suka terhadap penampilan dan rasa makanan yang disajikan, dapat dilihat juga pada menu keenam dan kesepuluh.

Disarankan bagi instalasi gizi diharapkan untuk memodifikasi makan pada sayur sehingga daya terima makan pada sayur meningkat. Dan untuk citaraa pada menu keenam dan kesepuluh untuk merubah menu yang disajikan. Sehingga makanan yang disajikan dapat diterima oleh pasien.

Kata Kunci : Citarasa dan Daya Terima
Daftar Pustaka : 16 (19991 – 2015)


Ketersediaan

KTIGZ.1925025 Int GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
025 Int G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
viii, 93 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this