No image available for this title

Text

Gambaran Pola Konsumsi dan Pengetahuan Tentang Purin pada Pasien Hiperurisemia di Puskesmas Lubuk Begalung Padang Tahun 2019



Delvia Cantika

Gambaran Pola Konsumsi dan Pengetahuan Tentang Purin pada Pasien Hiperurisemia di Puskesmas Lubuk Begalung Padang Tahun 2019

vi + 60 halaman, 14 tabel, 11 lampiran
ABSTRAK
Hiperurisemia dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor usia, status gizi, alkohol, kafein, asupan purin tinggi, tingkat pengetahuan. Hasil survey pendahuluan di Puskesmas Lubuk Begalung Padang menunjukkan pasien hiperurisemia tahun 2017 sebanyak 314 orang sedangkan data Dinas Kesehatan Kota Padang tahun 2017 sebanyak 146 orang. Jumlah prevalensi tersebut meningkat karena tingginya asupan purin dan tingkat pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola konsumsi dan pengetahuan tentang purin pada pasien Hiperurisemia di Puskesmas Lubuk Begalung Padang tahun 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan jumlah sampel 38 orang yang diambil secara accidental sampling yaitu pasien yang datang memeriksa kadar asam urat pada hari yang sama dan memenuhi kriteria diambil sebagai sampel. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien hiperurisemia yang datang berobat di Puskesmas Lubuk Begalung Padang. pola konsumsi menggunakan metode SQ-FFQ dan pengetahuan dengan metode kuisioner. Data sekunder dari penelitian ini adalah nama, jenis kelamin, kadar asam urat, alamat, pekerjaan, dan pendidikan pasien.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pola konsumsi pasien hiperurisemia berdasarkan jenis konsumsi purin pada kelompok I paling banyak mengkonsumsi bayam, kangkung 89,4% dan Kelompok II kacang-kacangan (100%) serta sebagian besar bayam,kangkung (89,4%), tahu (84,2%), dan daging ayam (84,2%), berdasarkan jumlah konsumsi purin termasuk kategori konsumsi purin lebih (86,8%), berdasarkan frekuensi masuk kategori sering (55,3%). Pengetahuan gizi pasien termasuk kategori kurang (52,6%).
Bagi pasien disarankan untuk menjaga pola makan dengan cara mengurangi konsumsi bahan makanan sumber purin. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk dapat mengggunakan tugas akhir ini sebagai referensi dan melanjutkan penelitian faktor lain. Bagi institusi pendidikan diharapkan penelitian ini dapat menjadi bahan bacaan atau informasi dikalangan mahasiswa.

Kata kunci : Hiperurisemia, Konsumsi Purin, Pengetahuan Tentang Purin


Ketersediaan

KTIGZ.1909009 Del GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
009 Del G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 85 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this