No image available for this title

Text

Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Pekerjaan Dengan Tingkat Partisipasi Ibu Balita Datang ke Posyandu Kasih Ibu Dua Kelurahan Alang Laweh Kecamatan Padang Selatan Kota Padang Tahun 2019



Nurul Aulia Rahmah
Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Pekerjaan Dengan Tingkat Partisipasi Ibu Balita Datang ke Posyandu Kasih Ibu Dua Kelurahan Alang Laweh Kecamatan Padang Selatan Kota Padang Tahun 2019
Vii ± 63 halaman, 10 tabel, 2 gambar, 13 lampiran
ABSTRAK
Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Masyarakat Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Posyandu balita sebagai pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan untuk balita. Namun, masih ada ditemui rendahnya partisipasi masyarakat membawa balita ke Posyandu. Data Puskesmas Seberang Padang tahun 2018 D/S rendah di Kelurahan Alang Laweh yaitu 46%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan pekerjaan dengan tingkat partisipasi ibu balita datang ke Posyandu Kasih Ibu Dua kelurahan Alang Laweh Kecamatan Padang Selatan Kota Padang tahun 2019.
Penelitian ini bersifat analitik dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di Posyandu Kasih Ibu Dua Kelurahan Alang Laweh Kecamatan Padang Selatan Kota Padang pada bulan Desember 2018 - Juni 2019. Sampel bejumlah 51 orang yang di ambil secara purposive sampling. data primer didapatkan dengan cara wawancara langsung pada ibu balita. Data sekunder didapatkan dari Dinas Kesehatan Kota Padang dan Puskesmas Seberang Padang. Data penelitian diolah dengan komputerisasi secara univariat dan bivariat menggunakan chi-square.
Hasil penelitian menunjukan 43,1 % ibu tidak aktif datang ke Posyandu. Hampir sebagian ibu memiliki pengetahuan kurang (49%) dan hampir sebagian ibu memiliki pekerjaan (35,3%). Diketahui ada hubungan bermakna antara pengetahuan ibu dengan partisipasi ibu balita datang ke Posyandu dan tidak ada hubungan yang bermakna antara pekerjaan dengan partisipasi ibu balita datang ke Posyandu.
Disarankan pada petugas kesehatan agar memberikan penyuluhan kepada ibu balita terkait Posyandu serta memotivasi ibu balita agar rutin datang ke Posyandu.
Kata kunci : Partisipasi, pengetahuan, pekerjaan
Daftar pustaka 33 (2003-2016)


Ketersediaan

KTIGZ.1944044 Nur HKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
044 Nur H
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vii, 85 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this