No image available for this title

Text

Gambaran Karakteristik Sosial Ekonomi Masyarakat Yang Tidak Punya Jamban Di Jorong Koto Tinggi Kecamatan Baso Kabupaten Agam Tahun 2018



Desmala Dewi
Gambaran Karakteristik Sosial Ekonomi Masyarakat Yang Tidak Punya Jamban Di Jorong Koto Tinggi Kecamatan Baso Kabupaten Agam Tahun 2018

ABSTRAK
Jorong Koto Tinggi merupakan salah satu Jorong dari Nagari Koto Tinggi di Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Berdasarkan survei pendahuluan yang dilakukan di Jorong Koto Tinggi Kecamatan Baso Kabupaten Agam diketahui bahwa persentase Kepala Keluarga yang tidak memiliki jamban 13,5% .Dengan jumlah 311 Kepala Keluarga, 42 KK yang tidak memiliki jamban .Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran karakteristik sosial ekonomi masyarakat yang tidak punya jamban di Jorong Koto Tinggi Kecamatan Baso Kabupaten Agam.
Jenis penelitian deskriptif, menggunakan data primer yang diperoleh dari responden yaitu Kepala Keluarga dengan instrumen kuesioner dan data sekunder diperoleh dari Kantor Wali Nagari, Kantor Jorong Koto Tinggi, serta dari Puskesmas Baso. Data di analisis secara analitik.
Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ada karakteristik yang bermakna antara pendidikan yang rendah sebesar 83,3%, pengetahuan yang kurang baik sebesar 60% dan ekonomi yang mayoritas keluarga miskin (GAKIN) 80 % , terhadap masyarakat yang tidak mempunyai jamban di Jorong Koto Tinggi Kecamatan Baso Kabupaten Agam.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat karakteristik yang bermakna antara pendidikan, pengetahuan dan ekonomi terhadap masyarakat yang tidak mempunyai jamban di Jorong Koto Tinggi Kecamatan Baso Kabupaten Agam.
Disarankan bagi petugas kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Baso agar memberikan penyuluhan kesehatan secara berkesinambungan mengenai pentingnya jamban keluarga dan diharapkan kepada pemerintah Kabupaten Agam agar memberikan bantuan bagi masyarakat yang belum mampu untuk membangun jamban keluarga.

Kata Kunci : karakteristik sosial ekonomi, masyarakat yang tidak punya jamban.


Ketersediaan

KTIRPLKL.1806006 Des GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
006 Des G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
viii, 64 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this