No image available for this title

Text

Gambaran Perilaku Ibu Rumah Tangga Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun di Desa Pulau Jambu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Tahun 2019



Ansaruddin
181140770

Gambaran Perilaku Ibu Rumah Tangga Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun di Desa Pulau Jambu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Tahun 2019

vii+46 Halaman, 7 Tabel, 9 Lampiran

ABSTRAK

Menurut WHO (World Health Organization) permasalahan diare di negara-negara berkembang khususnya Indonesia dapat dikurangi dengan perilaku hidup sehat yaitu Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan air mengalir. Namun masih kurangnya perhatian dan kesadaran tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir (CTPS) dimasyarakat. Banyak orang yang belum menyadari pentingnya CTPS dengan air mengalir bagi kesehatan. Maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Gambaran perilaku ibu rumah tangga tentang cuci tangan pakai sabun di Desa Pulau Jambu”. Survey awal yang penulis lakukan melalui wawancara dengan tingkat umur berbeda, tingkat pendidikan berbeda, dan pekerjaan yang berbeda.
Jenis penelitian bersifat deskriptif yaitu untuk memperoleh gambaran perilaku Ibu rumah tangga tentang cuci tangan pakai sabun di Desa Pulau Jambu tahun 2019.
Hasil penelitian didapatkan sebagian besar ibu rumah tangga berpengetahuan rendah sebanyak 43 orang (54,3%), bersikap negatif sebanyak 45 orang (51,4%), bertindak tidak baik sebanyak 52 orang (61,4%).
Sebaiknya ibu rumah tangga menggali informasi-informasi dari media sosial mengenai cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang baik dan benar, serta mengikuti penyuluhan yang diadakan oleh puskesmas sehingga dapat memahami, mempraktekan dan mengajarkan kepada anak-anak mereka dikehidupan sehari-hari.
Sebaiknya Puskesmas Air Tiris mensosialisasikan cara dan pentingnya cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar dengan menggunakan media poster dan leaflet maupun dengan penyuluhan langsung kerumah-rumah masyarakat.

Kata kunci : “Perilaku, Ibu Rumah Tangga, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)”


Ketersediaan

KTIRPLKL.1901001 Ans GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
001 Ans G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vii, 62 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this