No image available for this title

Text

Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan dan Motivasi Kader Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Pembantu Bukit Kauman Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2018



Wulan Angraini

Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan dan Motivasi Kader Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Pembantu Bukit Kauman Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2018

Vi, 57 Halaman, 10 Tabel, 7 Lampiran

ABSTRAK
Data Puskesmas Kecamatan Kuantan Mudik menunjukkan hasil keberhasilan penimbangan (N/D) tahun 2016 baru sebesar 35% dari target pencapaian sebesar 83%. Keberhasilan penimbangan (N/D) dipengaruhi oleh pengetahuan dan motivasi kader posyandu dalam menjalankan perannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan motivasi kader posyandu sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan di Wilayah Kerja Puskesmas Pembantu Bukit Kauman Kecamatan Kuatan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2018.
Penelitian ini merupakan penelitian Pra Eksperimen dengan menggunakan rancangan pretest – posttest. Populasi adalah seluruh kader posyandu yang terdaftar diwilayah kerja puskesmas pembantu bukit kauman yang memiliki pendidikan minimal SMP dan telah bekerja sebagai kader posyandu minimal 5 tahun dan sampel berjumlah 20 orang. Cara pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Cara pengambilan data primer melalui kuesioner pengetahuan dan motivasi dan data sekunder didapat dari dinas kesehatan kabupaten kuantan singingi dan puskesmas kuantan mudik. Pengolahan data menggunakan uji statisik yaitu uji wilcoxon dengan tingkat kepercayaan 95% .
Hasil penelitian menunjukkan rata – rata pengetahuan dan motivasi sebelum penyuluhan sebesar 55,1 ± 6,2 dan 12,85 ± 0,36. Rata – rata pengetahuan dan motivasi sesudah diberikan penyuluhan sebesar 74,2 ± 2,6 dan 13 ± 0,00. Berdasarkan uji wilcoxon terdapat perbedaan yang bermakna antara pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan penyuluan (p=0.000) < 0,05 dan tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara motivasi sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan (p=0.083) < 0,05.
Saran yang dapat diberikan untuk institusi adalah dapat melakukan penyuluhan kepada kader posyandu secara berkala untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi kader posyandu tersebut.


Kata Kunci : Penyuluhan, Pengetahuan, Motivasi, Kader Posyandu
Daftar Pustaka : 31 (1989 - 2017)


Ketersediaan

SKRIPSIGZ.1865065 Wul PSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
065 Wul P
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 64 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this