No image available for this title

Text

Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tingkat Konsumsi Sayur Buah Murid Kelas V di SD MIUT Thawalib Padang Panjang Pada Tahun 2018



Qhusnul Qhotimah
Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tingkat Konsumsi Sayur Buah Murid Kelas V di SD MIUT Thawalib Padang Panjang Pada Tahun 2018

ix + 58 halaman + 12 tabel + 4 grafik + 13 lampiran

ABSTRAK

Data dari analisis pola konsumsi berdasarkan PPH Kota Padang Panjang tahun 2016 konsumsi sayur dan buah hanya tercukupi 4,8% AKE. Salah satu upaya mencapai konsumsi sayur dan buah yang baik dapat dilakukan dengan peningkatan pengetahuan dan perbaikan sikap melalui penyuluhan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan, sikap, dan tingkat konsumsi sayur buah siswa kelas V SD MIUT Thawalib Padang Panjang pada tahun 2018.
Penelitian ini dirancang menggunakan desain praeksperimen dengan menggunakan rancangan one group pre test and post test. Populasi adalah semua murid kelas V SD MIUT Thawalib Padang Panjang. Cara pengambilan sampel pada penelitan ini menggunakan metode purposive sampling. Cara pengambilan data primer melalui observasi dan wawancara sedangkan data sekunder didapat dari pola pangan harapan Kota Padang Panjang. Pengolahan data dengan uji statistik yaitu uji wilcoxon dengan tingkat kepercayaan 95%..
Dari hasil uji didapat bahwa terdapat perbedaan yang bermakna terhadap pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,000) dan tingkat konsumsi buah (p=0,001) setelah dilakukan penyuluhan. Tidak terdapat perbedaan tingkat konsumsi sayur (p=0,126) setelah dilakukannya penyuluhan tentang sayur dan buah.
Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna terhadap pengetahuan, sikap dan tingkat konsumsi buah setelah dilakukan penyuluhan. Tidak terdapat perbedaan tingkat konsumsi sayur setelah dilakukannya penyuluhan. Saran yang dapat diberikan agar sekolah dapat lebih mendalami pemberian pembelajaran kesehatan terkhusus untuk sayur dan buah..

Kata Kunci : Penyuluhan, Sayur Buah, Konsumsi
Daftar Pustaka : 33 (1996-2016)


Ketersediaan

SKRIPSIGZ.1838038 Qhu PSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
038 Qhu P
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
ix, 72hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this