No image available for this title

Text

Gambaran Karakterisrik Dan Tingkat Partisipasi Ibu Membawa Anak Balita Ke Posyandu Di Kelurahan Sungai Sapih Wilayah Kerja Puskesmas



Indriyana Junita
Gambaran Karakterisrik Dan Tingkat Partisipasi Ibu Membawa Anak Balita Ke Posyandu Di Kelurahan Sungai Sapih Wilayah Kerja Puskesmas
Belimbing Padang Tahun 2018
v + 52 halaman, 10 tabel, lampiran 10
ABSTRAK
Tingkat partisipasi masyarakat menimbang balita di puskesmas belimbing sebesar 44,30%. Partisipasi dipengaruhi oleh faktor internal ibu balita, seperti tingkat pendidikan ibu balita, tingkat pengetahuan ibu balita, prilaku kesehatan, umur balita, status gizi balita, disamping itu juga berkaitan dengan jarak posyandu serta peran petugas kesehatan, tokoh masyarakat, dan kader posyandu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakterisrik dan tingkat partisipasi ibu membawa anak balita ke posyandu di kelurahan sungai sapih wilayah kerja puskesmas belimbing padang tahun 2018.
Penelitian ini menggunakan metode Cross Sectional. Dimana pengambilan data dilakukan dikelurahan Sungai Sapih Wilayah kerja Puskemas Belimbing Padang dengan jumlah sampel sebanyak 55 orang ibu balita. Semua variabel di ukur dengan instrument kuesoner.Data dianalisis secara univariat. Analisis univariat dengan menggunakan statistik deskriptif berupa distribusi frekuensi dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu balita tidak aktif membawa anak balita ke posyandu sebanyak 65,5 %. Ibu balita yang berumur 20-29 tahun tidak aktif membawa anak balita ke posyandu sebanyak 67,7% dan berumur 30-49 tahun sebesar 62,5%. Untuk ibu balita yang tidak aktif dengan tingkat pendidikan < tamat SLTP sebanyak 82,3 % dan ≥ tamat SLTP sebesar 57,8%. Ibu balita tidak aktif yang tidak bekerja sebanyak 74.3% dan bekerja sebanyak 62.5%. Ibu balita yang berpenge tahuan kurang tidak aktif membawa balita ke posyandu sebanyak 74,3% dan pengetahuan baik hanya 50%. Jarak rumah Ibu balita jauh yang tidak aktif ke posyandu sebanyak 66,7% dan dekat tidak aktif 65,3%.
Kepada tenaga kesehatan diharapkan untuk dapat meningkatkan pengtahuan ibu balita tentang manfaat posyandu, kegiatan apa saja yang ada di posyandu, tujuan posyandu dan sasaran posyandu dengan memberikan penyuluhan dan mengunakan media yang menarik seperti menyebarkan leaflet.

Kata kunci : karakteristik dan tingkat partisipasi ibu membawa anak balita ke posyandu.
Daftar pustaka : 18 (2003-2016)


Ketersediaan

KTIGZ.1829029 Ind GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
029 Ind G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
v, 62 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this