No image available for this title

Text

Studi Deskriptif Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Bengkel Las Di Kelurahan Batang Kabung Ganting Kecamatan Koto Tangah Tahun 2018



Refli Praptikasari

Studi Deskriptif Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Bengkel Las Di Kelurahan Batang Kabung Ganting Kecamatan Koto Tangah Tahun 2018

VI + 45 + 5 Tabel + 6 Gambar + 30 Lampiran

ABSTRAK
Kecelakaan kerja umumnya disebabkan karena cara memakai alat pelindung diri yang salah atau pemakaian alat pelindung yang kurang baik. Manfaat dari penggunaan alat pelindung diri saat bekerja sangat besar dalam pencegahan kecelakaan kerja, namun dalam kenyataannya masih banyak pekerja yang tidak menggunakan alat pelindung diri saat bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Pekerja Bengkel Las di Kelurahan Batang Kabung Ganting Kecamatan Koto Tangah. Penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan untuk memperbaiki kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Jenis penelitian ini adalah deskriptif, yaitu mengetahui gambaran Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri pada Pekerja Bengkel Las di Kelurahan Batang Kabung Ganting Kecamatan Koto Tangah. Pengambilan data di bengkel ini belangsung selama 1 minggu di masing-masing bengkel. Responden dalam penelitian ini sebanyak 32 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan checklist. Data disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi yang diolah berdasarkan data yang telah didapatkan dari pengolahan data menggunakan analisis data univariat.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar (59,4%) responden memiliki sikap yang positif, (78,1%) responden memiliki tindakan yang kurang baik dan (62,5%) responden memiliki ketersediaan alat pelindung diri tidak lengkap.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada perusahaan agar memberikan alat pelindung diri yang sesuai dengan fungsi alat indra, memberikan ketegasan kepada pekerja dalam pemakaiana alat pelindung diri serta memberikan informasi mengenai pentingnya pemakaian alat pelindung diri bagi pekerja.





Kata kunci : sikap, tindakan, ketersediaan alat pelindung diri.
Daftar pustaka : 16 (2009-2017)


Ketersediaan

KTIKL.1853053 Ref SKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
053 Ref S
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 75 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this