No image available for this title

Text

Studi Deskriptif tentang Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja di Pabrik Tahu Pakde desa Rambahan Kabupaten Pasaman tahun 2018



Ahmad Syukri(151110041)
Studi Deskriptif tentang Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja di Pabrik Tahu Pakde desa Rambahan Kabupaten Pasaman tahun 2018
vii+ 37halaman+ 6 daftar tabel+ 5 lampiran+ 4 daftar gambar
ABSTRAK

Pada Pabrik tahu Pakde diketahui kurangnya kesadaran pekerja dalam penggunaan alat pelindung diri yang dapat menimbulkan kecelakaan pada pekerja seperti luka bakar, terjatuh dan juga dapat menimbulkan penyakit kutu air, penelitian awal dilakukan didapatkan dari 10 pekerja hanya 30% pekerja yang menggunakan alat pelindung diri lengkap, 30% menggunakan alat pelindung diri tidak lengkap dan 40% tidak mengggunakan alat pelindung diri sama sekali.

Jenis penelitian ini adalah Deskriptif untuk melihat perilaku penggunaan alat pelindung diri (APD) pada pekerja di Pabrik Tahu Pakde tahun 2018. Jumlah populasi dan sampel pada penelitian ini adalah 30 responden. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dan checklist. Data disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi yang didapatkan dari pengolahan data, dengan analisis univariat.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pekerja yang mempunyai pengetahuanbaik (53.3%) responden, untuk sikap didapatkan bahwa pekerja yang mempunyai sikap negatif (73.3%) responden dan untuk tindakan didapatkan bahwa pekerja yang mempunyai tindakan kurang baik (76.7%) responden di Pabrik Tahu Pakde Desa Rambahan Kabupaten Pasaman tahun 2018.
Berdasarkan hasil penelitian sebernya pekerja sudah memeiliki tingkat pengetahuan yang tinggi tetapi masih kurang nya kesadaran pekerja dalam penggunaanya, yang perlu diperhatikan yaitu pengawasan yang ketat terhadap penggunaan alat pelindung diri (APD) pada pekerja, dan pemberian sanksi apabila pekerja tidak menggunakan alat pelindung diri (APD) saat bekerja.

Kata Kunci : pengetahuan, sikap, tindakan penggunaan alat pelindung diri
(APD)
Daftar Pustaka : 12 (2002-2010)


Ketersediaan

KTIKL.1801001 Ahm SKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
001 Ahm S
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vii, 42 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this