No image available for this title

Text

Perbedaan Efektifitas Media Audiovisual dan Leaflet dalam Meningkatkan Pengetahuan Remaja tentang Perilaku Seksual pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 5 Padang Tahun 2018



Rosa Fajriani

Perbedaan Efektifitas Media Audiovisual dan Leaflet dalam Meningkatkan Pengetahuan Remaja tentang Perilaku Seksual pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 5 Padang Tahun 2018

xv + 87 halaman, 9 tabel, 6 gambar, 15 lampiran
ABSTRAK
Rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi merupakan salah satu penyebab perilaku seksual pada remaja. Hasil penelitian menyatakan 20,9% remajadi Kota Padang memiliki perilaku seksual berisiko. Perilaku seksual beresiko tersebut lebih tinggi pada remaja dengan tingkat pengetahuan kurang yaitu 33,3%. Pendidikan kesehatan tentang perilaku seksual di sekolah diharapkan dapat mengurangi kejadian perilaku seksual pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektifitas media audiovisual dan leaflet dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang perilaku seksual.

Jenis penelitian ini adalah quasi experiment menggunakan rancangan twogrouppretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2017 - Mei 2018. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMAN 5 Padang yang berjumlah 241 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel sebanyak 32 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner pengetahuan tentang perilaku seksual. Analisa data menggunakan uji dependentT-TestdanMann Whitney Test dengan α 0,05.

Hasil penelitian didapatkan perbedaan rerata pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan intervensi dengan media audiovisual yaitu 20,13 dan26,19,dengan media leaflet yaitu 19,94 dan22,56. Terdapat perbedaan efektifitas media audiovisual dan leaflet dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang perilaku seksual dengan p value 0,000.

Kesimpulan dari penelitian adalah ada perbedaan efektifitas media audiovisual dan leaflet dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang perilaku seksual pada siswa kelas X di SMA Negeri 5 Padang tahun 2018. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan dalam memberikan pendidikan kesehatan tentang kesehatan reproduksi remaja dengan menerapkan metode dan media yang lebih efektif pada saat pembelajaran di sekolah khusunya pelajaran biologi.

Kata kunci: Perilaku Seksual, Pendidikan Kesehatan, pengetahuan, remaja.
Daftar Pustaka : 44 (2007 – 2016)


Ketersediaan

SKRIPSIKB.1850050 Ros PSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
050 Ros P
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xv, 101 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this