No image available for this title

Text

Pengaruh Pemberian Tablet Fe dan Vitamin E Terhadap Peningkatan Kadar Haemoglobin pada Mahasiswi Ilmu Keolahragaan FIK UNP Tahun 2018



Sarah Sakinah

Pengaruh Pemberian Tablet Fe dan Vitamin E Terhadap Peningkatan Kadar Haemoglobin pada Mahasiswi Ilmu Keolahragaan FIK UNP Tahun 2018
x+ 51 halaman+ 9 tabel + 9 lampiran

ABSTRAK

Haemoglobin adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah. Tingginya aktivitas fisik remaja dan ketidakmampuan memenuhi keanekaragaman zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dapat mempengaruhi pembentukan haemoglobin. Mahasiswi FIK UNP memiliki aktivitas fisik yang lebih tinggi dibanding mahasiswi lainnya. Prevalensi anemia berdasarkan SK Menkes di Sumatera Barat yaitu sebesar 29,8% perempuan. Upaya pencegahan dan penanggulangan anemia dapat diatasi dengan mengonsumsi tablet Fe dan vitamin E. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian tablet Fe dan vitamin E terhadap peningkatan kadar haemoglobin pada mahasiswi FIK UNP tahun 2018.

Metode penelitian eksperimental menggunakan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan pada tanggal 23-31Mei 2018 di FIK UNP. Populasi adalah mahasiswi FIK dengan jumlah sampel 32, menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan haemometer digital. Analisis data univariat dan bivariat menggunakan uji t dependent dengan komputerisasi.

Hasil penelitian rata-rata kadar Hb sebelum perlakuan pada kelompok kontrol yaitu 11,206 gr/dl dan sesudah intervensi yaitu 12,006 gr/dl. Rata- rata kadar Hb pada kelompok perlakuan sebelum intervensi yaitu 11,094 gr/dl dan sesudah intervensi yaitu 12,088 gr/dl. Setelah dilakukan uji t paired simple didapatkan rata-rata peningkatan kadar Hb sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi masing-masing adalah 0,8 gr/dl dan 0,99 gr/dl. Ho ditolak dengan p value = 0,000 < 0,05 artinya ada pengaruh pemberian tablet Fe dan Vitamin E terhadap peningkatan kadar haemoglobin.

Kesimpulan didapatkan ada pengaruh pemberian tablet Fe dan vitamin E terhadap peningkatan kadar haemoglobin pada mahasiswi FIK UNP. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar menambah literatur kebidanan, dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan kadar Hb pada remaja dansebagai pembanding untuk mengembangkan penelitian yang lebih lanjut.

Kata Kunci : “Tablet Fe, Vitamin E, Haemoglobin”
Daftar Pustaka : 37 (1987-2018)


Ketersediaan

SKRIPSIKB.1853053 Sar PSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
053 Sar P
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
x, 69 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this