No image available for this title

Text

Pengaruh Penambahan Buah Jambu Biji Merah (Psidium Guajava) Terhadap Mutu Organoleptik Serta Kadar Protein, Kadar Lemak, Kadar Karbohidrat Dan Kadar Serat Cupcake Jambu Biji Merah



Hesti Zainiah

Pengaruh Penambahan Buah Jambu Biji Merah (Psidium guajava) Terhadap Mutu Organoleptik Serta Kadar Protein, Kadar Lemak, Kadar Karbohidrat dan Kadar Serat Cupcake Jambu Biji Merah

ix + 57 Halaman + 9 Tabel, 1 Gambar, 2 Grafik, 10 Lampiran

ABSTRAK

cupcake merupakan salah satu jajanan yang disukai remaja dan memiliki sedikit kandungan serat. Tingginya kadar serat di dalam jambu biji membuat peneliti tertarik untuk memodifikasi buah jambu biji dalam snack atau kue cupcake. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan jambu biji merah (Psidium guajava) Terhadap Mutu Organoleptik Serta Kadar Protein, Kadar Lemak, Kadar Karbohidrat dan Kadar Serat Cupcake.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 1 kontrol dan 3 perlakuan dengan 2 kali ulangan. Pegamatan dilakukan terhadap mutu organoleptik dengan uji hedonik. Uji kadar protein, lemak, karbohidrat dan serat dilakukan dilaboratorium Teknologi Hasil Pertanian UNAND. Data yang dperoleh di analisa dengan sidik ragam dan DNMRT taraf 5%.

Rata – rata tingkat kesukaan panelis terhadap warna, tekstur, rasa, dan aroma berada pada tingkat agak suka sampai suka. Hasil terbaik dari 75 gr/ 1 buah cupcake dengan penambahan jambu biji merah 150 gr (perlakuan C). Dengan kadar protein (9,5gr), lemak(11,5gr), karbohidrat(19,7gr), serat(0,5gr). Daya terima cupcake jambu biji merah dilakukan pada siswa SMA 05 Padang, dari 30 siswa yang diberikan cupcake sebanyak 25 (83)% siswa menghabiskan cupcake jambu biji merah.

Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa jambu biji dapat digunakan dalam pembuatan cupcake dan dapat menambah penganekaragaman pengolahan pangan. Disarankan untuk penelitian selanjutnya untuk meneliti perbandingan penambahan jambu biji dalam cupcake panggang dan cupcake kukus.
Kata kunci : Cupcake, Jambu Biji Merah, Organoleptik, Daya Terima
Daftar Pustaka 22 (1993 – 2016)


Ketersediaan

SKRIPSIGZ.1732032 Hes PSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
032 Hes P
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
ix, 57 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this