No image available for this title

Text

Faktor Risiko Asupan Zat Gizi Mikro Dengan Kejadian Stunted Pada Anak Balita (12-59 Bulan) di Wilayah Kerja Puskesmas Marunggi Kota Pariaman Tahun 2017



Nanda Putri
Faktor Risiko Asupan Zat Gizi Mikro Dengan Kejadian Stunted Pada Anak Balita (12-59 Bulan) di Wilayah Kerja Puskesmas Marunggi Kota Pariaman Tahun 2017
vi + 54 halaman, 13 tabel, 6 lampiran
ABSTRAK
Kesehatan merupakan salah satu dimensi dasar pembangunan manusia. Indikator pencapaian pembangunan kesehatan adalah status gizi anak usia bawah lima tahun (balita). Kekurangan akan kebutuhan zat gizi pada masa ini dapat mengakibatkan gangguan pada pertumbuhan anak seperti stunted. Prevalensi kejadian anak balita stunted di kota Pariaman sebesar 12,6% sedangkan di wilayah kerja Puskesmas Marunggi yaitu 17,4%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor risiko asupan zat gizi mikro dengan kejadian stunted pada anak balita (12-59 bulan) di wilayah kerja Puskesmas Marunggi Kota Pariaman tahun 2017.
Penelitian ini bersifat observasional menggunakan desain kasus kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh anak balita (12-59 bulan) di wilayah kerja Puskesmas Marunggi Kota Pariaman dengan jumlah sampel 38 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu porpusive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran antropometri, wawancara dengan menggunakan format FQ-FFQ. Uji statistik yang digunakan untuk pengolahan data adalah uji Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 95%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara asupan vitamin A yang kurang dengan stunted (p-value = 0,000) dengan peluang risiko 50,4 kali untuk mengalami stunted. Terdapat hubungan yang signifikan antara asupan kalsium yang kurang dengan stunted (p-value = 0,042) dengan peluang risiko 10,5 kali untuk mengalami stunted. Asupan zink tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan stunted (p-value = 0,09).
Saran yang dapat diberikan kepada petugas kesehatan setempat untuk melakukan upaya pencegahan ataupun penanggulangan risiko stunted dengan melakukan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat terutama ibu yang memiliki balita mengenai asupan zat gizi mikro agar asupan zat gizi mikro pada anak balita tercukupi.
Kata kunci : Stunted, asupan vitamin A, asupan kalsium dan asupan zink
Daftar bacaan: 37 (1995-2016)


Ketersediaan

SKRIPSIGZ.1736036 Nan FSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
036 Nan F
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vi, 54 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this