No image available for this title

Text

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kunjungan Balita ke Posyandu di Kelurahan Gurun Laweh Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Begalung Padang Tahun 2017



Lusi Defriani

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kunjungan Balita ke Posyandu di Kelurahan Gurun Laweh Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Begalung Padang Tahun 2017

vii + 65 Halaman + 8 Tabel + 3 Gambar + 9 Lampiran

ABSTRAK

Masalah gizi yang kompleks di Indonesia dapat diantisipasi dengan memonitoring tumbuh kembang balita di Posyandu. Cakupan penimbangan balita (D/S) di Indonesia pada tahun 2015 terjadi penurunan (73,0%). Sedangkan di Puskesmas Lubuk Begalung pada tahun 2016 capaian D/S sebesar 78,6%, kelurahan yang terendah adalah kelurahan Gurun Laweh (67,2%). Hal ini masih belum mencapai target Restra sebesar 85%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kunjungan balita ke posyandu di Kelurahan Gurun Laweh Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Begalung Padang tahun 2017.

Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan desain cross sectional study yang telah dilakukan di Kelurahan Gurun Laweh Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Begalung Padang pada bulan Januari – Juni 2017. Populasi semua ibu balita yang ada Kelurahan Gurun Laweh wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Begalung Padang. Sampel diambil secara cluster sampling dengan RW terpilih yaitu RW II berjumlah 40 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kemudian data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji statistik chi-square. Hasil dinyatakan bermakna apabila p ≤ 0,05.

Hasil penelitian didapatkan 65% ibu tidak aktif dalam membawa balita berkunjung ke posyandu; 57,5% ibu memiliki pengetahuan rendah tentang posyandu; 45% ibu bekerja; 42,5% ibu berpendidikan dasar. Ada hubungan pengetahuan (p value = 0,000), pekerjaan (p value = 0,011) dan pendidikan ibu balita (p value = 0,029) dengan kunjungan balita ke posyandu di Kelurahan Gurun Laweh.

Pada penelitian ini disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan, pekerjaan, dan pendidikan ibu balita dengan kunjungan balita ke posyandu. Diperlukan kerjasama petugas kesehatan khususnya bidan puskesmas, dengan tokoh masyarakat serta kader untuk dapat memberikan konseling kepada ibu-ibu balita tentang pengertian dan kegiatan di posyandu balita.

Kata Kunci : Posyandu, Pengetahuan, Pekerjaan, Pendidikan
Daftar Pustaka : 32 (2009 – 2016)


Ketersediaan

SKRIPSIKB.1721021 Lus FSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
021 Lus F
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vii, 65 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this