No image available for this title

Text

Hubungan Tingkat Pengetahuan Wanita PUS Dan Peran Petugas Kesehatan Dengan Pelaksanaan Pemeriksaan IVA Di Wilayah Kerja Puskesmas Lima Kaum I Kabupaten Tanah Datar Tahun 2016



Nuraini Sofianti
Hubungan Tingkat Pengetahuan Wanita PUS dan Peran Petugas Kesehatan dengan Pelaksanaan Pemeriksaan IVA Di Wilayah Kerja Puskesmas Lima Kaum I Kabupaten Tanah Datar Tahun 2016

xii+ 71 halaman + 7 tabel + 4 gambar + 10 lampiran

ABSTRAK

Penyebab kematian karenakan kertertinggi pada wanita adalah kanker leher rahim. Pencegahan dapat dilakukan melalui deteksi dini dengan metode IVA. Indonesia baru mencapai 2,45% WUS yang mengikuti pemeriksaan IVA dan di Sumatera Barat 0,48% wanita PUS mengikuti pemeriksaan IVA. Cakupan IVA di Kabupaten Tanah Datar 0% tahun 2014. Cakupan IVA di Puskesmas Lima Kaum I tahun 2015 hanya 5 orang (0,12%). Sedangkan target pencapaian IVA nasional sebesar 50%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan wanita PUS dan peran petugas kesehatan dengan pelaksanaan pemeriksaan IVA di Wilayah Kerja Puskesmas Lima Kaum I Tahun 2016.
Metode penelitian adalah survei analitik dengan desain cross sectional, penelitian dilaksanakan 5 Desember hingga28 Desember 2016di Wilayah Kerja Puskesmas Lima Kaum I. Populasi dari wanita PUS sebanyak 3.911 orang. Jumlah sampel 94 orang menggunakan metode purposive sampling untuk pengambilan sampelresponden. Data primer dikumpulkan dengan membagikan kuesioner kepada responden. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan program komputer.
Hasil analisis univariat didapatkan 10 responden wanita PUS (10,6%) berpengetahuan kurang baik, 59 reponden (62,8%) petugas kesehatan tidak berperan dan 68 responden (72,3%) belum melaksanakan IVA. Hasil analisis bivariat tidak terdapat hubungan tingkat pengetahuan wanita PUS dengan pelaksanaan pemeriksaan IVA (p= 0,721 > 0,05) dan tidak terdapat hubungan peran petugas kesehatan dengan pelaksanaan pemeriksan IVA (p = 1,000 > 0,05).
Dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan wanita PUS tidak berhubungan dengan pelaksanaan pemeriksaan IVA. Peran petugas tidak berhubungan dengan pelaksanaan IVA. Untuk itu, perlu meningkatkan edukasi, promosi, sosialisasi serta advokasi dari petugas kesehatan dalam upaya pencegahan kanker serviks secara dini dengan metode IVA.

Kata kunci : IVA, Pengetahuan, Peran
Daftar Pustaka : 33 (2007-2016)


Ketersediaan

SKRIPSIKB.1725025 Nur HSKRIPSI (SKRIPSI)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
025 Nur H
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 71 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this