No image available for this title

Text

Penerapan Asuhan Keperawatan pada Pasien Diabetes Mellitus dengan Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi di IRNA Non Bedah Penyakit Dalam Wanita RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2016



Rizki Widmah Putra
133110220
Penerapan Asuhan Keperawatan pada Pasien Diabetes Mellitus dengan Gangguan Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi di IRNA Non Bedah Penyakit Dalam Wanita RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2016
xi + 78 halaman, 2 tabel, 1 gambar, 5 lampiran
ABSTRAK
Kebutuhan nutrisi merupakan kebutuhan dasar fisiologi bagi manusia yang tidak bisa terlepas dari banyak faktor yang mempengaruhinya. Penyakit yang beresiko tinggi akan gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi adalah penyakit diabetes millitus. Diabetes millitus adalah gangguan metabolisme yang ditandai dengan hiperglikemi yang berhubungan dengan abnormalitas metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan proses keperawatan dengan gangguan pemenuhan nutrisi pada pasien Diabetes Millitus.
Jenis penelitian studi kasus, yang dilakukan di RSUP Dr. M. Djamil Padang pada bulan Mei 2016. Intstrumen pengumpulan data berupa nursing kit, format. Analisa data dilakukan dengan menyesuaikan teori dengan keadaan pasien.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil pengkajian pasien mengeluh pusing, mual dan muntah, polidipsi, poliuri, polipagia, GDS 430 mg/dl dan terdapat luka ulkus. Diagnose yang ditegakkan ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh, kekurangan volume cairan, ketidakstabilan kadar gula darah, dan resiko infeksi. Intervensi yang di lakukan Nutrition management, Nutrition Monitoring, Fluid Management, Hypovolemia Management, Hyperglikemia Management, dan Infection Control. Evaluasi tindakan yang dilakukan selama lima hari didapatkan semua masalah keperawatan teratasi sebagian, intervensi dihentikan dikarenakan pasien pulang.
Diharapkan kepada perawat ruangan lebih memperhatikan kebutuhan dasar pasien diabetes mellitus khususnya dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi dengan cara mengatur pola makan pasien dan memperhatikan diet pasien diabetes melitus. Karena penyembuhan atau perkembangan penyakit diabetes tergantung pada kebutuhan nutrisinya.
Kata Kunci : Gangguan Kebutuhan Nutrisi, Diabetes Mellitus,
Daftar Bacaan : 25 (2002-2015)


Ketersediaan

KTIKP.1694094 Riz PKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
094 Riz P
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xi, 86 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this