No image available for this title

Text

Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Ny.N Dengan Halusinasi Di Kelurahan Gunung Sarik Kota Padang Tahun 2016



Ikka Widyanti

Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Ny.N Dengan Halusinasi Di Kelurahan Gunung Sarik Kota Padang Tahun 2016

xii + 108 Halaman + 3 tabel + 4 gambar + 9 lampiran

ABSTRAK

Halusinasi merupakan salah satu gejala positif yang dimiliki oleh pasien dengan skizofrenia. Angka kejadian halusinasi dari tahun ketahun terus meningkat, banyak ditemukan kunjungan berulang di puskesmas dengan pasien halusinasi akibat kurangnya perhatian keluarga dalam merawat pasien dengan halusinasi dirumah. Tingginya angka penderita skizofrenia yang mengalami halusinasi merupakan masalah serius bagi dunia kesehatan dan keperawatan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Asuhan Keperawatan Jiwa Pada Ny.N Dengan Halusinasi Di Kelurahan Gunung Sarik Kota Padang Tahun 2016.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk membuat gambaran atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif. Desain penelitian adalah studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien skizofrenia dengan halusinasi yang tinggal di kelurahan Gunung Sarik kota Padang tahun 2016. Sampel penelitian ini salah satu pasien skizofrenia dengan halusinasi yang tinggal di kelurahan Gunung Sarik kota Padang.

Setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 8 kali kunjungan kepada pasien dan keluarga didapatkan hasil halusinasi dapat dikontrol oleh pasien dengan cara menghardik, 6 benar minum obat, bercakap-cakap, dan aktifitas terjadwal. Keluarga juga dapat membimbing pasien melakukan 4 strategi pelaksanaan tersebut.

Melalui pimpinan puskesmas disarankan kepada program kesehatan jiwa untuk melakukan konseling kepada keluarga pasien terkait bagaimana tentang prosedur kontrol rutin dan pengambilan obat dipuskesmas dan jika harus dirujuk, bagaimana prosedur membawa pasien ketempat rujukan. Bagi peneliti selanjutnya agar memperbanyak responden penelitian agar dapat membandingkan satu kasus yang sama terhadap pasien yang berbeda.
Kata Kunci (Key Word) : Halusinasi, Asuhan keperawatan, Keluarga

Daftar Pustaka : 26 (2005-2015)


Ketersediaan

KTIKP.1695095 Ikk AKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
095 Ikk A
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xii, 124 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this