No image available for this title

Text

Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Kejadian ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) pada Anak Balita (1-5 Tahun) di Puskesmas Andalas Padang Tahun 2016



Megawati Ali
Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Kejadian ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) pada Anak Balita (1-5 Tahun) di Puskesmas Andalas Padang Tahun 2016
xi + 73 halaman, 20 tabel, 10 lampiran
ABSTRAK

Prevalensi ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) di Provinsi Sumatera Barat tahun 2013 sebanyak 25,7%. Kejadian ISPA pada balita merupakan penyakit dengan angka kesakitan yang tertinggi yaitu sebanyak 41% dari 10 penyakit. Dari 22 Puskesmas yang ada di Kota Padang, Puskesmas Andalas tercatat memiliki angka penderita ISPA pada balita terbanyak pada tahun 2014 yaitu 25%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian ISPA di Puskesmas Andalas Padang.

Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan desain cross sectional tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian ISPA pada anak balita (1-5 Tahun) di Puskesmas Andalas Padang tahun 2016. Sampel berjumlah 72 yang diambil dengan metode Incidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Analisa data univariat dilakukan dengan analisa deskriptif, analisa bivariat dilakukan dengan menggunakan uji chi square dengan tingkat kepercayaan 95%.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan anak balita yang menderita ISPA sebanyak 41,7%, status gizi kurang sebanyak 11,1%, imunisasi tidak lengkap sebanyak 13,9%, BBLR sebanyak 4,2%, tidak ASI esklusif sebanyak 47,2%. Hasil analisis bivariat didapat tidak ada hubungan bermakna antara status gizi, pemberian ASI ekslusif, BBLR dan pengetahuan ibu dengan ISPA, p>0,05. Adanya hubungan yang bermakna antara imunisasi dengan kejadian ISPA, p≤0,05.

Diharapkan kepada petugas puskemas dan bidan setempat untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai penyakit ISPA serta pentingnya imunisasi bagi balita. Masyarakat lebih peduli terhadap kelengkapan imunisasi, status gizi, pengetahuan akan pentingnya memberikan ASI ekslusif pada anaknya. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan karya tulis ilmiah ini sebagai referensi untuk melakukan penelitian lanjutan mengenai faktor lainnya seperti umur, status ekonomi, pendidikan ibu, prilaku, keberadaan anggota keluarga yang menderita ISPA, sanitasi rumah, dan lainnya.

Kata Kunci : Faktor, ISPA, Anak Balita, Puskesmas Andalas
Daftar Pustaka 32 (1993-2015)


Ketersediaan

KTIGZ.1657057 Meg FKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
057 Meg F
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xi, 103 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this