No image available for this title

Text

Gambaran Sanitasi Kolam Renang Ngalau Indah Pangian Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar Tahun 2016



Cindy Eka Syah Putri

Gambaran Sanitasi Kolam Renang Ngalau Indah Pangian Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar Tahun 2016.

v + 43 halaman + 7 tabel + 5 lampiran


ABSTRAK

Tempat umum adalah suatu tempat dimana orang banyak atau masyarakat umum berkumpul untuk melakukan kegiatan baik secara sementara (insidentil) maupun secara terus menerus (permanent), baik membayar maupun tidak membayar. Kolam renang merupakan salah satu tempat umum yang merupakan sarana dan reakreasi dari berbagai lapisan masyarakat baik anak-anak maupun dewasa. Dengan demikian kemungkinan terjadinya penularan penyakit apabila sanitasi kolam renang tidak memenuhi syarat kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kondisi bangunan, kondisi lokasi kamar dan ruang, kondisi fasilitas sanitasi , kondisi pengolahan sampah dan kondisi air kolam renang secara fisik.

Jenis penelitian ini bersifat deskriptif menggambarkan mengenai kondisi sanitasi Kolam Renang Ngalau Indah Pangian Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2015 – Juni 2016, objek penelitian ini yaitu semua fasilitas yang terdapat pada kolam renang. Pengumpulan data dengan cara observasi terhadap objek yang diteliti dengan menggunakan check list di lokasi penelitian dengan pengukuran fisik air terhadap air kolam renang. Hasil dianalisa dengan membandingkan hasil temuan dengan standar penelitian (75%), menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No.061/MenKes/Per/1/1991.

Hasil yang didapatkan bahwa semua Kondisi Sanitasi Kolam Renang Ngalau Indah Pangian Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar Tahun 2016 tidak memenuhi persyaratan (46,55%) dengan membandingkan hasil temuan dengan standar penilaian (75%). Seperti kondisi bangunan 66,4 %, lokasi dan bangunan 55,71 % fasilitas sanitasi 65,13 %, kondisi pengolahan sampah 68,03 %, dan kondisi kualitas air secara fisik 45,71 %.
Pengelola Kolam Renang hendaknya, meningkatkan fasilitas sanitasi seperti adanya renovasi bangunan yang sudah retak, kebersihan lokasi dan lingkungan, menyediakan tempat sampah yang memenuhi syarat serta memiliki sarana saluran air limbah.

Kata kunci : Sanitasi Kolam Renang Ngalau Indah Pangian
Daftar Bacaan : 9 ( 2009-2012 )


Ketersediaan

KTIKL.1684084 Cin GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Imliah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
084 Cin G
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
v, 55 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this