No image available for this title

Text

Pengaruh Substitusi Bekatul Terhadap Mutu Organoleptik Dan Kadar Serat Pada Pembuatan Dodol



Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015
Hesty Putri Ramadhani

Pengaruh Substitusi Bekatul Terhadap Mutu Organoleptik Dan Kadar Serat Pada Pembuatan Dodol

vii + 42 halaman, 10 tabel,1 grafik 22 lampiran

ABSTRAK
Dodol merupakan makanan tradisional yang cukup popular dibeberapa daerah Indonesia. Dari beberapa macam dodol yang beredar nilai gizinya tinggi karbohidrat dan rendah serat. Untuk menambah nilai gizi serat pada dodol maka dodol disubstitusi dengan bahan pangan yang mengandung serat tinggi antara lain yaitu bekatul. Bekatul selain mengandung serat yang tinggi juga mengandung vitamin B kompleks dan vitamin E. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh substitusi bekatul terhadap mutu organoleptik dan kadar serat pada pembuatan dodol.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 1 kontrol dan 3 perlakuan dengan 2 kali pengulangan. Pengamatan dilakukan terhadap mutu organoleptik dengan menggunakan uji hedonik. Data dianalisis dengan sidik ragam, jika ada perlakuan yang berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji DNMRT pada taraf 5% dan kadar serat dilakukan dengan metode gravimetri.

Berdasarkan hasil uji organoleptik didapatkan hasil rata-rata tingkat kesukaan warna, aroma, tekstur dan rasa berada pada tingkat suka sampai dengan sangat suka. Dodol bekatul yang terbaik adalah perlakuan C dengan substitusi bekatul 25%. Dari hasil Analisis Sidik Ragam (ANOVA) semua perlakuan berbeda nyata dan dodol terbaik adalah dengan substitusi bekatul 25%. Dan kadar serat yang dihasilkan adalah 3.4 %

Berdasarkan hasil penelitian ini jika ingin meningkatkan nilai serat dari dodol bekatul diharapkan susbtitusi bekatul 25%, dan disarankan untuk melihat daya simpan dari dodol bekatul serta berdasarkan hasil penelitian disarankan melakukan penelitian lanjutan mengenai kadar kalsium dari dodol bekatul.


Kata kunci : Dodol, Bekatul, Uji Organoleptic, Kadar Serat
Daftar Pustaka : 23 (2006-2014)


Ketersediaan

KTIGZ.1505005 Hes PKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Imliah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
vii, 75 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this