No image available for this title

Text

Hubungan Kondisi Fisik dan Dukungan Keluarga dengan Konsep diri pada Lansia di RW VIII Kelurahan Andalas Kecamatan Padang Timur Tahun 2015



Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015
Anggraini Puspita Sari

Hubungan Kondisi Fisik dan Dukungan Keluarga dengan Konsep diri pada Lansia di RW VIII Kelurahan Andalas Kecamatan Padang Timur Tahun 2015

ix + 54 halaman + 7 tabel + 2 gambar + 8 lampiran


ABSTRAK

Lanjut usia adalah seorang laki-laki atau perempuan yang berusia 60 tahun atau lebih. Memasuki usia tua berarti mengalami perubahan baik fisik (biologis), psikologis dan sosial. Penurunan kondisi fisik lanjut usia juga berpengaruh pada kondisi psikis lansia. Perubahan lansia baik fisik, mental, maupun emosional memerlukan dukungan keluarga, karena dukungan keluarga membantu masalah lansia. RW VIII merupakan wilayah di Keluarahan Andalas yang mempunyai lansia terbanyak yaitu 88 orang. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 5 Januari 2015, dari 10 orang lansia terdapat 7 orang mengatakan mengalami penurunan kondisi fisik dan 5 orang yang mengatakan kurang mendapatkan kepedulian keluarga terhadap penyakit yang dialami lansia tersebut. 7 orang mengatakan tidak bisa lagi melaksanakan perannya baik di keluarga maupun masyarakat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mngetahui Hubungan Kondisi Fisik dan Dukungan Keluarga dengan Konsep Diri pada Lansia di RW VIII Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kelurahan Andalas Kecamatan Padang TimurTahun 2015.

Desain penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dari 88 lansia yang bertempat tinggal di RW VIII Kelurahan Andalas Kecamatan Padang Timur Tahun 2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner, waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari – Juni2015. Setelah data diperoleh selanjutnya diolah dengan mengunakan komputerisasi dan dianalisis dengan menggunakan distribusi frekuensi dan chi-square.

Hasil penelitian di dapatkan lebih dari separo lansia (59,1%) yang memiliki konsep diri positif, lebih dari separo lansia (64,8%) yang memiliki kondisi fisik yang baik dan lebih dari separo lansia (68,2%) yang mendapatkan dukungan keluarga yang tinggi. Terdapat hubungan yang tidak bermakna antara kondisi fisik dengan konsep diri lansia, p value = 0,110 dan terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan konsep diri lansia, p value =0,005.

Disarankan bagi tenaga kesehatan melalui pimpinan Puskesmas, khususnya perawat yang menangani lansia diharapkan dapat melakukan easy job training dan penyuluhan tentang konsep diri lansia serta kondisi fisik dan pentingnya dukungan keluarga.


Kata Kunci (Key Word) : Kondisi Fisik, Dukungan Keluarga Dan Posyandu Lansia
Daftar Pustaka : 29 (2000 -2014)


Ketersediaan

KTIKP.1547047 Ang HKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
ix, 71 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this