No image available for this title

Text

Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien tentang Pelayanan Kesehatan di Balai Kesehatan Indera Masyarakat Padang Tahun 2015



Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015
Radhita Yaumil Adha

Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien tentang Pelayanan Kesehatan di Balai Kesehatan Indera Masyarakat Padang Tahun 2015

xi + 48 halaman, 5 tabel, 1 gambar, 10 lampiran

ABSTRAK
Kepuasan pasien tingkat perasaan pasien yang timbul setelah membandingkan kinerja dengan harapan. Penelitian yang dilakukan Evanny (2010) di Puskesmas Pasundan sebanyak 87,27% tidak puas pada pelayanan kesehatan. Selain itu penelitian yang dilakukan oleh Yuristi (2013) di RSUD Lakipadada sebanyak 22,3% ketidak puasan pasien yang dirasakan terhadap komunikasi petugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien tentang pelayanan kesehatan di BKIM Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif. Penelitian ini dilaksanankan mulai bulan Desember 2014 – Juni 2015. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2.254 orang dengan sampel penelitian diambil secara accidental sampling sebanyak 92 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuisioner yang diisi peneliti. Data diolah secara editing, coding, entry, cleaning dan analisa secara univariat dengan menggunakan distribusi frekuensi dan persentase.
Hasil penelitian didapatkan kurang dari separuh (47,8%) pasien tidak puas pada pelayanan kesehatan di Balai Kesehtan Indera Masyrakat, yang terdiri dari akses pelayanan (6,5%) pasien, hubungan antar manusia (34,8%) pasien, keamanan pelayanan (41,3%) pasien, dan kenyamanan pelayanan (34,8%) pasien.
Untuk meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Balai Kesehatan Indera Masyarakat diharapkan kepada pimpinan BKIM untuk menekankan kepada seluruh petugas dan staf memberikan pelayanan seoptimal mungkin dan meningkatkan kepuasan pasien pada aspek hubungan antar manusia pada keramahan, komunikasi dan pemberian informasi yang jelas dalam penggunaan obat pada pasien dan kenyamanan pada ketersediaan bangku diruang tunggu serta kebersihan dan ketersediaan air di toilet.
Kata Kunci ( Key Word ) : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan
Pustaka : 16 (1996 2015)


Ketersediaan

KTIKP.1515015 Rad GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xi, 64 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this