No image available for this title

Text

Gambaran Konsep Diri Remaja di SMK Dhuafa Nusantara Padang Tahun 2015



Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015
Elwis Amalia

Gambaran Konsep Diri Remaja di SMK Dhuafa Nusantara Padang Tahun 2015
viii + 57 halaman, 1 gambar, 7 tabel, 9 lampiran

ABSTRAK
Konsep diri didefenisikan sebagai semua pikiran keyakinan dan kepercayaan yang merupakan pengetahuan individu tentang dirinya dan mempengaruhi hubungannya dengan orang lain. . Jika anak remaja merasa tidak menerima diri mereka atau tubuh mereka, mereka akan mencoba untuk berkompensasi melalui olahraga, penggunaan obat atau alkohol, dan tindak kriminal. Pada tahun 2007 tercatat 3145 remaja usia ≤ 18 tahun menjadi pelaku tindak kriminal, tahun 2008 dan 2009 meningkat menjadi 3280 hingga 4123 remaja Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran konsep diri remaja.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskritif dengan populasi remaja sebanyak 305 orang. Penelitian ini dilakukan di SMK Dhuafa Nusantara Padang tahun 2015. Adapun sampel dalam penelitan ini adalah semua populasi yang memenuhi kriteria inklusi sehingga jumlah sampel sebanyak 75 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan selama 3 hari. Setelah data diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode statistik deskriptif berupa distribusi frekuensi dan persentase.
Dari hasil penelitian didapatkan 48% memiliki gambaran diri negatif, 48% memiliki gambaran ideal diri negatif, 38,7% memiliki gambaran harga diri negatif, 32% memiliki gambaran peran diri negatif, 45,3% memiliki gambaran identitas diri negatif dan 44% memiliki gambaran konsep diri negatif.
Berdasarkan gambaran diatas dapat disampaikan beberapa saran yang penting dalam rangka meningkatkan konsep diri remaja, kepada pihak sekolah diharapkan mengadakan kegiatan ekstrakulikuler serta mengajarkan menggali bakat istimewa yang ada pada diri remaja dengan mengadakan kegiatan-kegiatan untuk menyalurkan keterampilan yang dimiliki remaja serta mengoptimalkan bimbingan konseling bagi remaja.
Kata kunci (Key Word) : Konsep diri, Remaja
Daftar pustaka : 23 (2001-2015)


Ketersediaan

KTIKP.1575075 Elw GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
viii, 74 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this