No image available for this title

Text

Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Koto Panjang Ikur Koto (KPIK) Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2015



Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015
Gusneldi

Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Koto Panjang Ikur Koto (KPIK) Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2015

xi + 44 Halaman + 1 Bagan + 6 Tabel + 8 Lampiran

ABSTRAK
Kualitas (mutu) pelayanan kesehatan berdampak pada penurunan jumlah kunjungan. Jumlah kunjungan di Puskesmas Koto Panjang Ikur Koto (KPIK) tahun 2012 sebanyak 31.851 kunjungan, tahun 2013 menurun jadi 21.386 kunjungan, tahun 2014 sebanyak 13.331 kunjungan. Temuan peneliti saat survei awal pada 10 orang pengunjung ditemukan 4 pengunjung mengeluhkan kurang lengkapnya alat dan fasilitas kesehatan yang dimiliki puskesmas KPIK, 3 pengunjung mengeluhkan kurang ramahnya petugas dalam melayani pasien dan kurang jelasnya informasi yang diberikan petugas mengenai prosedur pelayanan dan tindakan pemeriksaan/pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas KPIK Kecamatan Kota Padang.

Desain penelitian adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di Puskesmas Koto Panjang Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Waktu penelitian bulan Desember 2014 – Juni 2015. Populasi penelitian ini berjumlah 91 pengunjung. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 58 pengunjung menggunkan teknik total sampling. Data diolah melalui tahapan editing, coding, entry, cleaning, dan tabulating. Data dianalisa secara univariat dalam bentuk distribusi frekuensi.

Hasil penelitian menunjukan. 96,6% pengunjung menyatakan kehandalan petugas Puskesmas KPIK baik. 91,4% pengunjung menyatakan rasa empati petugas puskesmas KPIK baik. 91,4% pengunjung menyatakan daya tanggap petugas puskesmas KPIK baik. 91,4% pengunjung menyatakan jaminan dalam pelayanan kesehatan yang diberikan oleh petugas Puskesmas KPIK baik. Sebahagian besar (91,4%) pengunjung menyatakan mutu pelayanan kesehatan puskesmas Koto Panjang Ikur Koto tidak baik.

Diharapkan pimpinan Puskesmas KPIK untuk melakukan kegiatan yang tepat untuk menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Pimpinan dapat memotivasi kesadaran petugas untuk melakukan pelayanan secara tepat waktu sesuai jam kerja, menjalin komunikasi yang baik dengan selalu 3S pada pasien, menanggapi keluhan pasien dengan cepat, meningkatkan kompetensi petugas melalui pelatihan dan selalu menjaga dan meningkatkan kebersihan, kenyamanan lingkungan kerja.
Kata Kunci/Key Word : Mutu, Pelayanan
Daftar Pustaka : 19 (1999-2013)


Ketersediaan

KTIKP.1521021 Gus GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
xi, 59 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this