No image available for this title

Text

Studi Deskriptif Pengelolaan Linen Di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi Tahun 2015



Karya Tulis Ilmiah, Mei 2015
Fadilla Ovia Retno

Studi Deskriptif Pengelolaan Linen Di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi Tahun 2015

x + 43 halaman + 8 tabel + 7 lampiran

ABSTRAK

Linen adalah kain yang digunakan oleh pasien dan berbagai macam staf, misalnya staf rumah tangga (kain tempat tidur dan handuk), staf pembersih (kain pembersih, gaun, dan kap), staf bedah (kap, masker, baju cuci, gaun bedah, dan pembungkus), dan staf di bagian khusus seperti ICU serta di bagian lain yang melakukan tindakan invasif seperti bius, radiologi, dan kardiologi. Laundry di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi mempunyai 1 ruangan, dimana tidak terdapat ruangan terpisah untuk pencucian linen infeksius dan non infeksius. Pada ruang laundry tidak memiliki lemari besar yang berguna untuk menyimpan linen bersih sebelum didistribusikan ke ruangan perawatan. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui studi deskriptif pengelolaan linen di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi Tahun 2015.
Desain penelitian bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan bulan Mei 2015 di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi. Alat ukur yang digunakan adalah checklist dengan cara observasi. Analisa data berdasarkan dari hasil penilaian kondisi tempat pencucian linen dan proses pengelolaan linen. Kemudian disajikan dalam bentuk narasi dan dibandingkan dengan Kepmenkes RI No. 1204 Tahun 2004 tentang persyaratan kesehatan lingkungan rumah sakit.
Hasil penelitian yang didapatkan tempat pencucian linen (70,0%) masih kurang baik.Tahapan penerimaan linen (75,0%) sudah baik.Tahapan pencucian linen (85,0%) sudah baik. Tahapan penyimpanan (25,0%) masih kurang baik. Tahapan pendistribusian (40,0%) masih kurang baik, dan pengelolaan linen (56,25%) masih belum memenuhi syarat di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi Tahun 2015.
Saran pada penelitian ini adalah agar pihak Rumah Sakit melakukan pelatihan dan manajemen tentang tata cara pengelolaan linen Rumah Sakit yang baik dan benar, diharapkan pihak pimpinan instalasi laundry memfasilitasi segala sarana dan prasarana yang dibutuhkan petugas tenaga laundry dalam kegiatan pengelolaan linen.

Kata Kunci : Pengelolaan linen, laundry
Daftar Pustaka : 14 (2000-2014)


Ketersediaan

KTIKL.1554054 Fad SKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
x, 58 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this