No image available for this title

Text

Gambaran Pengetahuan dan Sikap Masyarakat dalam Pemanfaatan Air Bersih di Jorong Batu Hampar Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam Tahun 2015



Karya Tulis Ilmiah, Juni 2015
Rani Arisma

Gambaran Pengetahuan dan Sikap Masyarakat dalam Pemanfaatan Air Bersih di Jorong Batu Hampar Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam Tahun 2015

ix + 38 halaman + 8 tabel + 9 LAMPIRAN


ABSTRAK

Penggunaan air untuk berbagai manfaat dan kepentingan harus dilakukan secara bijaksana, seperti dalam penggunaan air, kuantitas dan kualitas air bersih yang digunakan. Di Jorong Batu Hampar Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam masih terdapat pengetahuan dan sikap masyarakat yang kurang terhadap pemanfaatan air bersih. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana Gambaran Pengetahuan dan Sikap Masyarakat dalam Pemanfaatan Air Bersih di Jorong Batu Hampar Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif, pengambilan data pada penelitian di Jorong Batu Hampar Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam dilakukan pada tanggal 20 April – 15 Mei 2015, cara pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling sebanyak 62 KK. Data primer diperoleh dari wawancara langsung dengan menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian di Jorong Batu Hampar, dari 62 KK yang diwawancarai diperoleh pengetahuan masyarakat kategori rendah adalah 40.3% dan sikap masyarakat kategori negatif adalah 16,1%.
Berdasarkan hasil penelitian di Jorong Batu Hampar, sebaiknya masyarakat lebih sering menggali informasi tentang pemanfaatan air bersih. Dan, pihak puskesmas serta perangkat desa dapat lebih memberikan penyuluhan maupun materi tentang air bersih dan pemanfaatan air bersih, dengan melakukan pemberdayaan masyarakat seperti memberikan informasi-informasi kesehatan, melakukan promosi kesehatan dan kegiatan-kegiatan lain untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Jorong Batu Hampar.
Kata Kunci : Pemanfaatan Air Bersih Masyarakat Batu Hampar
Daftar bacaan : 20 (1990-2014)


Ketersediaan

KTIKL.1591091 Ran GKarya Tulis Ilmiah (Karya Tulis Ilmiah)Tersedia - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang : Padang.,
Deskripsi Fisik
ix, 55 hlm.; 21 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this